Wednesday, July 25, 2007

SIngapore, 15th July 2007

When I finally made my own dreams came true :P
Hola.. Ehm, lumayan bt juga niy. Udah beberapa hari ini internetnya down lagi. Awww..kezzzzzalnyah!Kemaren aja pas lg Ym dengannya, tiba2 aja no connectivity. Rrrgh.. well, anyway.. setelah beberapa hari ini mandul, tidak mengerjakan sesuatu hal yang berarti, akhirnya hari ini gw mulai berusaha untuk melacak kembali rekaman-rekaman memori yang terjadi seminggu terakhir ini. Mungkin gw bakal membaginya dalam beberapa Fragmen, maklum terlalu banyak cerita yang pengen dibagi sama kamu, iya kamu..haha, dan kamu itu bisa jadi siapa ajakan?ehm..ah ga masalah.

Okay, mungkin fragmen-fragmen tersebut hanya bakal berisi hal-hal yang terjadi selama seminggu perjalanan gw menjelajah negeri singa dan bolehland, malaysia. Yeah, gw juga tawu, banyak orang ko yang dah hilir mudik kesana-sini, tapi berhubung kemaren adalah kali pertama gw merawanin paspor gw yang dah 2 taon dianggurin, so yeah,,,it was kinda big deal for me!dan kebeneran hal ini merupakan salah satu cita2 gw sejak lama (selaen masuk surga dan dpt beasiswa s2 tentunya, haha...) yaitu Solo backpacking! Dan saat hal itu jadi realita, i felt like it was surreal, n i can’t stop pinch my self :) haha..Jadi mungkin perjalanan menjejak kembali rel-rel ingatan bisa dimulai dari sekarang, pegangan yuu...biar kita semakin erat..

first chapter : Jakarta-Batam-Silat ave-Sentosa-Silat Ave on July 15th 2007

Jakarta
Setelah malem sebelumnya menyeting alarm HP untuk berdering nyaring, akhirnya pukul 02.00 dinihari berbunyi juga. Hoah, it was the “it” day. Meski mata masih terasa berad, tapi saat itu gw tau klo gw ga boleh malas, karena kalo malas bisa berbuah petaka. Susah juga siy, penerbangan ke batam jam 6.40 pagi pake Air Asia!that’s mean, gw harus ngejar damri yang jam 4 pagi dari gambir. Huah...gpp d.toh perjalanan ini juga adalah sebuah perjuangan.

Karena gw udah ngepak semua yang gw butuhin malem sebelumnya, jadi gw siy tinggal bangun dan mandi aja. Saat itu, Ita, temen gw yang lagi nginep dikosan masih asyik mengulet di tempat tidur. Tapi akhirnya dia bangun juga, soalnya gw lumayan memproduksi suara-suara berisik, udah gitu tetangga gw, si dinasaurus juga ikut bangun...haha kalo dia lain cerita, ini siy urusan bisnis parfum dan dompet s-prith!Dia menitip sejumlah rupiah untuk dibarterkan dengan benda-benda tadi. Yasud, gw langsung selipin lembaran-lembaran kertas tersebut di money belt yang udah nyangkut manis dipinggang sambil bilang kalo gw bakal ngusahain.

Jam setengah 4 pagi, dengan menggandong daily pack yang sarat dengan maganan, gw mulai menuruni tangga spiral dikosan gw sambil diiringi deraian dadah-dadahan ma temen gw, hix..terharu. 3 menit dah nyampe di pinggr gang, tapi jalan nampak masih lengang. Taxi lewat satu-dua, tapi pada isi. Ga berapa lama, ada bajaj yang lewat, dan ternyata berisi juga. Tp Alhamdullilah, setelah ngedrop penumpangnya yang turun di gang sebelah, dia balik lagi ngejemput gw.haha. Jam 4 kurang, gw nyampe di Gambir. Damrinya udah lumayan penuh. Setelah duduk disebelah bapak yang nampak tidur pulas, gw berusaha buat duduk senyaman mungkin, tapi yailah, sialnya gw pake shortpant dan rupanya hal itu mengundang nyamuk-nyamuk nakal untuk sedikit mencicipi darahku, bentol2 deh jadinya. Eh, ada tukang koran jualan, dengan duit 2rb perak dapet bacaan koranyya si Ucciw deh, Sindow. Waktu itu headlinenya masih soal alm. Taufik Savalas. Sedih juga siy bacanya.

Jam stengah 5 nyampe di terminal 1. Busyet, jam segitu orang dah bejubel. Wuish..maklum nembean. Tadinya gw mu ngubah jadwal Flight balik gw, tapi berhubung ngantri akhirnya gw putusin ah ntar ajalah di Batam, eh taunya di Batamnya gw lupa. Hix... Setelah check in, gw langsung ke ruang tunggu. Soalnya br boarding jam 6 lebih 10 gitu klo gw ga salah. Sambil ngisi waktu, gw ngetes digicam, haha...(alah..bilang aja banci foto ye) dan juga sekalian ngecharge batre kamera.




Jam 7an akhirnya pesawat yang gw tumpangin pun take off. Gw duduk di kabin yang cukup belakang. Eugh, resenya...gw satu pesawat sama bocah2 anak sekolahan imigrasi yg lagi mu pada pe-ka-el di batam kayanya, dan Maaaaaak!berisiknya minta ampun Deh. Pengen jitakin atu2! Tapi akhirnya gw sempet bisa tertidur ko selama 2 jam perjalanan ityu. Oh yeah, anyway, gw sempet merhatiin pramugari and pramugaranya. Secara ga sengaja, gw nguping obrolan mereka pas gw lg ngelewatin mereka gitu “ Knpa lu?pusing ye..yg malem masih kenceng kali..” iyeee deh..yang msih kenceng.......


Batam




Jam 8 lewat dikit, gw terbangun saat pesawat gw udah mulai memasuki areal batam. Dari atas nampak terlihat gundukan tanah merah dibeberapa titik didaratan, daerah hijaunya nampak masih sedikit, pemukimanpun ga terlalu padet. Setelah melakukan satu kali puteran di udara, akhirnya Air Asia AQ sekian akhirnya landing juga di Hang Nadim Batam. Selama asyik nunggu backpack gw di antara sekerumunan luggage kelas teri-kelas kakap, gw mulai celingukan mencari mangsa untuk temen seperjalanan ke Batam center. Sempet nanya satu mas2, tapi dia tujuannya beda. Halah.sudahlah.

Akhirnya gw menuju ke pool taxi. Pas gw masih berusaha mengobservasi suasana, ada satu couple yang nampak bakal pergi ke arah yang sama. Akhirnya gw memberanikan diri buat nanya apa mereka bakal ke BTC, ternyata iya. Akhirnya gw nawarin buar shared a cab, dan mereka mau. Setelah kenalan, yang cewenya anak UPH, tapi yah seperti biasa penykit gw kumat lagi, selalu lupa buat nginget nama. Haha..thx guys anyway, lumayan mengirit sekitar goban rupiah deh. But ohGodAmnmiss!gw lupa buat beli tiket Ferry di Hang Nadim. Kepaksa d gw lgs beli di counter penguin, dapet S$19 buat one way, padahal couple yg tadi tuh dapet S$ 14 buat return..argh....

Gw nyempetin dulu buat beli nomor baru suatu provider yang bintang iklannya adalah seseorang presenter kondang yang lucu dan mudah2an aja bukan homro, soalnya kata temen gw, pas dia ke s’pore, ga perlu pake deposit2an segala kaya provider yang selama ini biasa gw pake,..siaaaaaal..provider gw ini!masa gw kudu deposit 1,5 juteng. Plisss deh.



Tadinya ferry gw itu dijadwalin berangkat jam 9.30an, tapi berhubung ferry tersebut rusak, akhirnya di delay mpe jam11. Tadinya siy gw mu ganti pk Batamcest aje, tp ternyata tiketnya kaga bisa direimburse, cuman bisa di ganti jadwal doang. Siaaaaal.
Jam 11 boarding masuk ferry, duduk deket jendela sambil berdoa semoga aja gw kaga mabo’ laut. Siaran er-ce-te-iw menghiasi screen TV 21 inch. Depan gw, nampak couple yg dari gayanya ciy seperti penganten baru, yailah....i just wanted to shout them “Get a ROOM!” abis, gw sempet mergokin mereka cepat-cepot gitu, dan yang bikin gw aga risih ciy, soalnya cwnya tuh berpenutup kepala.


Setelah beberapa waktu perjalanan, sempet tertidur beberapa saat. Sempet ngelewatin “COASTARINA”, another ambitious project. Villa pinggir pantai yang still on going process. Bangunannya siy belon ada, baru situsnya doang dengan huruf-huruf segede gajah kembaran ma paus obesitas nampang dipinggir pantai.



Setelah satu jam perjalanan, gedong-gedong tinggi nampak mule ngintip di balik awan tipis. Ga berapa lama, siluet-siluet tersebut mulei berbentuk. Benang-benang dengan cable car yang bergayutan, monorail warna-warni hilir mudik dari vivo city-sentosa. Huah.lega.Akhirnya sampe juga ditujuan pertama.

Harbour front-Singapore
Sekitar jam 13.00 waktu setempat (singapur lebih cepet satu jam, jadi klo kita pergi jam 11, terus waktu tempuh ferry 1 jam, kita harus nambahin lg 1 jam! 11 + 1 + 1 = 13kan) ngantri di bagian All passport. Prosesnya cepet aja ko, lagian gw ga bw yang aneh2 selaen saos-saos sachetan dan mie gelas. Erm. Sempet transit dulu di restroomnya..sambil mikir mu gimana dulu niy, apa mu lgs ke sentosa atau stick to the original plan, check in dulu ke hostel baru balik ke sentosa? Akhirnya gw mutusin cari dulu PBG hostel which was my 1st hostel in S’pore. Setelah gw cari metro station, gw mutusin buat nelfon dulu. Ciloko 12, gwkan ga punya koin kecil 10 senan gt. Gw Cuma punya koin 1 dolaran, itu juga kembalian dari beli Ez-Link card. Haduh. Mu nuker mba-mba sebelah yang nampak lagi harot nelpon dan gw curiganya dia orang endonesa. Yasulah..ahirnya gw maksaain juga nelpon, walopun dengan prasaan sayang, soalnya gw tau nelponnya bakal bentyar dan ga bakal dapet duit kembalian.hehe...pelit banget ye..yah namanya juga travel on budget, every penny’s count!

Telpon diangkat, nanya gmn caranya kesana, beberapa instruksi tidak jelas. Luntang-lantung di chinatown, nanya beberapa orang yang cuma bisa communicate in Chinesse. Perfect!ditambah lagi naik-turun bus, maju mundur, naik turun jembatan penyebrangan, selama hampir sejam setengah. Akhirnya gw nyampe juga di PBG hostel, di daerah jalan silang, depan Singapore General Hospital, sebelahnya Sikh temple, yang selama satu setengah jam itu dah gw lewatin berkali-kali!






Nyampe sana, yah sedikit met my expectation. Seperti numpang menginap di “rumah orang”. Areanya kecil dan sempit. Gw sekamar sama Yoke, cw Thai yang udah hampir sebulanan tinggal disana, gw siy curiganya dia pekerja ilegal gt. Well, setelah sedikit ngobrol dan berusaha keras buat mengerti bahasa Inggrisnya yang patah-patah, gw langsung cabut menuju Sentosa.


Sentosa riot
Kembali tersesat di Vivo city, susah banget cari satpam or anybody incharge, biar gw bisa nanya dimana siy monorail tujuan Sentosa. Owh..belon ape2 lutut dah berderit. Akhirnya dapet juga. Nyampe sana hari dah mule sore. Tujuan awalnya siy kesana cuman pengen liat musical fountain ma maen Luge & skydrive. That’s all. I didnt find another attraction interesting, especially with that high tag, ngga deh. Okay, setelah baca map, gw aga sedikit aneh, karena i couldn’t find any sign about the musical fountain where about, apalagi sehari sebelumnya gw sempet brosing dulu di websitenya sentosa, but they didn’t mention anything about it. Siaaaaal. Sempet nanya ama salah seorang penjaganya, terus dia bilang, “lurus, belok kanan, lurus aja....??” dan gw malah nyampe di sitenya Merlion park itu. Huah. Ampir deh gw nyerah. I felt so lost and empty in the crowd. I couldn’t say that i was actually enjoyed my time there. Akhirnya gw berjalan ga tentu arah. Sampe akhirnya gw nyasar ke info center. Dan setelah gw nanya, ternyata Musical Fountain itu dah ga da, n it was actually replaced with this new attraction namely “Song of the sea!” What?how come almost the staff that i’ve been asking for some info, they didn’t mention anything about this. Klo taw gtukan, gw dapet info yang bener, i won’t wasting my time.Shitt. Tapi berhubung 7.30 show dah penuh, akhirnya gw beli ticket yg 8.30 seharga S$ 6. Gw penasaran aja siy. Sambil nunggu, gw utusin naek luge & skydrive itu, nampaknya mengasyikan. Dan ya, memang lumayanlah. Ngeluncur 60km/jam menuruni bukit udah gitu naek kereta gantung yangh cukup bikin keder, soalnya gw naek sendirian.hihi.Dah gitu, angin malem aga sedikit nakal dengan menggoyang2 kereta aga kebelakang, jadinya tambah dakdikduk.haha...

Jam 8 kurang gw dah sampe di Beach station.ngaso dikit sambil ngunyah coklat. Nampak tour leadet sibuk mengacungkan bendera-bendera travel agency mereka, make sure klo “kambing2”nya gada yang tersesat kale. Kabenyakan siy kayanya mereka berasal dari China ato mungkin taiwan. Tapi ga sedikit siy, kiri kanan yang ngobrol pake bahasa Indo, Ahh...jadi berasa di dufan!



8.15, mule masuk antrian Song of the sea. Banyak orang. Langsung milih tempat duduk ditengah2. Still dunno wat to expect. Setelah beberapa lama, nampak dry ice mengepul di gubuk2 tempat pentas berlangsung. Lantas musik mulai mengumandang, segerombolan pelakon masuk dengan riang. Operet like!yeah...it wasn’t that bad. Sayangnya, ato lebih tepatnya adalah “bodohnya” gw meninggalkan tempat kamera yang berisi mmc yang lebih gede di Hostel, jadinya gw cuman bisa ngerekam sebentar aja. Huah, padahal tadinyakan gw pengen ngerekam semuanya, buat gw liatin sama seseorang sebagai ganti air mancur monas. Hehe...tapi yasulah. Hari itu gw emang lagi sial.



Begitu selese hingar bingar laser yang cukup bikin uh-oh, gw langsung bergegas menuju station monorail. Gw bisa liat klo beberapa orang hampir setngah berlari, dan yah demi menghindari antrian yang panjang dan akses untuk pulang lebih cepat, meski sudah trasa letih gw bisa memerintahakan lutut gw ini untuk sedikit berlari.

Jam 10, gw sampei di Hostel. Yoke udah tidur, termasuk tetangga gw yang lain yg gw ga tau namanya. Sebelum mandi, gw mutusin buat nyeduh nasi instan bekal gw. Tapi dasar beneran hari ntuh gw bener sial, gw yg emng ga tau dan ga pernah bikin nasi instan,dengan pedenyah menuhin seplastik nasi jadi2an itu dengan aer mpe penuh. Setelah gw pikir nasinya mateng, dicicip eh ko malah kaya bubur ya?salah beli gitu?akhirnya ga jadi makan deh. Keroncongan. Sempet berkaca-kaca. Besoknya pas hari udah mule terang, ternyata aernya cuma harus sebatas beberapa centi aja. Hix..
Malem itu dengan perut kosong, gw berusaha tertidur di atas ranjang sebuah hostel di silat avenue, depan general hospital yang bisa dilewatin bila kita naek bus no 147 ato 195. Hari itu gw emang bener sial.

(to be continued)

1 comments:

Anonymous said...

wesss